Setelah anda menginstalasi aplikasi Scratch seperti yang telah saya uraian pada tulisan saya sebelumnya, sekarang saatnya anda memahami cara pembuatan animasi didalam Scratch secara sederhana dan mudah.
Untuk melihat jumlah gambar yang ada didalam Sprite tersebut, silahkan klik tab "Semua Kostum".
Tampak bahwa Sprite berisi dua buah gambar (kostum). Keduanya dapat kita manfaatkan memanipulasi tampilan Sprite dalam membentuk animasi.
Klik kategori "Tampilan", lalu drag blok "Ganti dengan kostum" dan masukkan didalam blok perulangan. Jangan lupa, pilih kostum yang diinginkan (misalnya custome1).
Tambahkan lagi blok untuk memanipulasi kostum. Jangan lupa, pilih kostum yang diinginkan (misalnya custome2).
Supaya efek gerak terbentuk, maka pergantian kostum harus diberi jeda waktu tertentu, misalnya 0.5 detik. Untuk keperluan ini, pilih kategori "Kontrol", dan kemudian pilih blok "tunggu selama 1 detik". Klik pada kotak yang berisi nilai, lalu ganti nilai 1 menjadi 0.5.
Tambahkan blok yang sama untuk kostum kedua, sehingga diperoleh skrip program seperti berikut ini:
Untuk menjalankan skrip program dan mengetahui hasilnya, silahkan klik blok yang telah disusun. Tanda bahwa skrip sedang berjalan ditunjukkan oleh adanya garis putih yang melingkupi skrip seperti berikut ini:
Perhatikan Sprite. Sudah teranimasi, bukan?
Untuk lebih lengkapnya, silahkan saksikan video tutorialnya disini:
Selamat mencoba!
Kostum didalam Sprite
Pertama, anda harus memahami terlebih dahulu apa itu Sprite. Pada dasarnya Sprite merupakan obyek yang akan diprogram. Boleh jadi sebuah Sprite mengandung lebih dari satu gambar didalamnya. Gambar-gambar tersebut biasanya merupakan gambar-gambar yang berurutan untuk membentuk animasi gerak. Ketika aplikasi Scratch dijalankan, default akan memberikan Sprite seperti berikut:Untuk melihat jumlah gambar yang ada didalam Sprite tersebut, silahkan klik tab "Semua Kostum".
Tampak bahwa Sprite berisi dua buah gambar (kostum). Keduanya dapat kita manfaatkan memanipulasi tampilan Sprite dalam membentuk animasi.
Menyusun Skrip Program untuk Memanipulasi Tampilan Sprite
Sekarang, bagaimana cara memanfaatkan kostum yang ada pada Sprite untuk menciptakan animasi? Perhatikan daftar kategori blok program yang ada, pilih kategori "Kontrol". Drag blok "Jalankan tanpa henti" ke dalam jendela skrip. Blok ini untuk menciptakan perulangan.Klik kategori "Tampilan", lalu drag blok "Ganti dengan kostum" dan masukkan didalam blok perulangan. Jangan lupa, pilih kostum yang diinginkan (misalnya custome1).
Tambahkan lagi blok untuk memanipulasi kostum. Jangan lupa, pilih kostum yang diinginkan (misalnya custome2).
Supaya efek gerak terbentuk, maka pergantian kostum harus diberi jeda waktu tertentu, misalnya 0.5 detik. Untuk keperluan ini, pilih kategori "Kontrol", dan kemudian pilih blok "tunggu selama 1 detik". Klik pada kotak yang berisi nilai, lalu ganti nilai 1 menjadi 0.5.
Tambahkan blok yang sama untuk kostum kedua, sehingga diperoleh skrip program seperti berikut ini:
Untuk menjalankan skrip program dan mengetahui hasilnya, silahkan klik blok yang telah disusun. Tanda bahwa skrip sedang berjalan ditunjukkan oleh adanya garis putih yang melingkupi skrip seperti berikut ini:
Perhatikan Sprite. Sudah teranimasi, bukan?
Untuk lebih lengkapnya, silahkan saksikan video tutorialnya disini:
Comments
Post a Comment