Skip to main content

Cara Sederhana Membuat Animasi Ikan dalam Akuarium

Masih melanjutkan tulisan-tulisan terdahulu yakni belajar pemrograman dengan menggunakan Scratch versi 1.4. Membuat animasi bukanlah hal yang sulit, dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan pemula sekalipun.

Menghapus Sprite Default

Jalankan Scrath seperti biasanya, dan kemudian hapus Sprite default. Caranya? klik-kanan Sprite tersebut, lalu pilih perintah "Hapus".

Mengganti Background

Selanjutnya, ganti background dengan gambar yang sesuai, dalam hal ini adalah gambar akuarium. Klik tab "Semua Latarbelakang", lalu klik tombol "Impor".
Didalam kotak dialog Impor Latar Belakang, buka folder Nature, tunjuk gambar "underwater", dan kemudian klik tombol OK.

Menambahkan Sprite Baru

Klik ikon untuk menambahkan Sprite baru.
Pada kotak dialog Sprite Baru yang diperlihatkan, pilih gambar "fish1-a" yang ada didalam folder Animals, setelah itu klik OK.
Untuk menambahkan kostum baru bagi Sprite tersebut, klik tab "Semua Kostum", dan kemudian klik tombol Impor.
Pada kotak dialog Impor Kostum yang diperlihatkan, pilih gambar "fish1-b" yang ada didalam folder Animals, setelah itu klik OK.

Menyusun Skrip Program

Skrip program dibuat dengan menyusun blok-blok program. Kategori blok program dapat dikenali melalui warna dasar yang dimilikinya. Sebagai contoh, blok program kategori "Kontrol" memiliki warna dasar orange. Untuk menggunakan sebuah blok program, drag blok program yang dimaksud hingga masuk ke dalam jendela skrip. Blok lainnya dapat ditambahkan dengan cara yang sama, dan meletakkannya menyambung ke blok yang telah ada sebelumnya.
Selanjutnya, kita dapat menyusun skrip program dengan meletakkan blok-blok lainnya. Susunlah skrip program berikut ini untuk menghasilkan animasi. Tampak bahwa skrip program disusun dengan menggunakan blok Kontrol (warna orange), Gerakan (warna biru), dan Tampilan (warna ungu).
Dari skrip program diatas dapat dijelaskan jalannya eksekusi program sebagai berikut:

  1. Blok pertama (paling atas) akan menjadikan program berjalan ketika bendera "Start" diklik. Mula-mula Sprite akan menggunakan kostum "fish1-a".
  2. Blok kedua membentuk perulangan (loop) terhadap blok-blok lain yang terdapat didalamnya. Blok ketiga hingga blok keenam merupakan blok-blok yang akan dieksekusi-ulang terus-menerus oleh blok kedua hingga skrip dihentikan secara paksa
  3. Blok ketiga menjadikan Sprite bergeser sejauh 5 langkah
  4. Blok keempat akan memberikan jeda waktu selama 0.5 detik, setelah itu dilanjutkan dengan blok kelima yang akan menjadikan sprite berganti kostum "fish1-b".
  5. Blok kelima tidak akan dieksekusi jika gerak Sprite belum menyentuh batas tepi layar. Begitu tepi layar tersentuh oleh gerak Sprite, maka Sprite akan memantul dan bergerak dalam arah yang berkebalikan dengan arah gerak sebelumnya.

Menjalankan Program


Untuk menjalankan skrip program, klik ikon bendera hijau, sedangkan untuk menghentikannya kembali dapat dilakukan dengan klik ikon bulatan yang berwarna merah.
Menjalankan sebuah blok program dapat dilakukan dengan cara klik blok program yang dimaksud didalam jendela skrip. Tanda bahwa skrip program sedang berjalan atau dieksekusi adalah adanya garis tepi putih yang melingkupi skrip/blok program.

Menambahkan Suara

Untuk mengimpor suara, klik tab "Semua jenis Suara", dan kemudian klik tombol Impor.
Sebagai contoh, pilih suara "Bubbles" yang terdapat didalam kelompok Effects. Setelah itu, klik tombol OK.
Suara yang telah diimpor akan diperlihatkan dalam daftar.
Akhirnya, kita dapat tambahkan skrip program untuk memainkan suara.
Jalankan seluruh skrip untuk melihat hasilnya.
Selamat mencoba!

Untuk versi PDF, tersedia disini.

Comments

Popular posts from this blog

Merekam Proyek Scratch dalam Bentuk Video

Sekarang ini versi terbaru dari Scratch Offline Editor adalah versi 2.0, seperti yang terlihat di  https://scratch.mit.edu/projects/editor/?tip_bar=home (untuk versi online). Adakah perbedaan yang signifikan versi terbaru ini dari versi 1.4 sebelumnya? Menurut saya, antara versi 2.0 dengan versi 1.4 tidak jauh bedanya kecuali untuk beberapa hal. Selain tata letak panelnya yang mengalami perubahan, juga versi yang baru ini telah memungkinkan kita untuk merekam proyek kita dalam bentuk video, yang fitur tersebut tidak ditemukan pada versi sebelumnya. Dengan fitur tersebut kita dapat melakukan perekaman proyek dalam bentuk video hingga lebih dari  60 detik, serta dapat melakukan penyetelan-penyetelan sesuai dengan kebutuhan seperti yang tercantum dalam dialog yang akan diperlihatkan sebelum proses perekaman dimulai. Nah, jika setelah yang diharapkan telah ditetapkan maka proses perekaman dapat dimulai dengan mengklik tombol Start . Begitu tombol ini diklik, akan a...

Petunjuk Singkat Menyunting Bahasa untuk Scratch 1.4

Ketika anda menginstalasi Scratch versi 1.4 kedalam komputer, dan kemudian menjalankannya maka inteface Scratch sudah berada dalam bahasa lokal (bahasa Indonesia). Scratch menyediakan fitur untuk menggunakan bahasa lokal sepanjang bahasa yang bersangkutan telah didukung didalam Scratch . Bersyukur bahwa tersedia Bahasa Indonesia didalam Scratch , sehingga akan lebih memudahkan kita dalam memakainya. Namun demikian tampaknya (mungkin) kita perlu memperbaiki beberapa hal dari terjemahan yang ada, dan jika memang itu diperlukan kita dapat menggunakan PO Editor untuk melakukannya. PO Editor merupakan aplikasi untuk menyunting file-file berekstensi .po . Nah, didalam instalasi Scratch file yang terkait dengan bahasa memiliki ekestensi .po . Dimana Letak File Terjemahan Bahasa? Jika Scrath telah terinstalasi didalam komputer, kita dapat memeriksa file-file terjemahan dari beberapa bahasa yang ada. Bukalah Window Explorer, dan silahkan menuju ke lokasi C:/Program Files/Scratch/Locale...

Panduan Pemula Instalasi Scratch versi Offline

Bagi sebagian orang mempelajari pemrograman masih dianggap sebagai suatu hal yang sulit bila dibandingkan dengan mempelajari aplikasi-aplikasi komputer lainnya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, sebab saat ini sudah banyak aplikasi untuk belajar pemrograman yang berbasis grafis dan sangat mudah untuk digunakan sebagai sarana belajar pemrograman.salah satu diantaranya Scratch , yang dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Scratch tidak menuntut kita untuk menguasai salah satu dari bahasa pemrograman yang telah ada, melainkan dengan Scratch kita dapat belajar bagaimana cara menyusun sebuah program komputer. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa kita menggunakan Scratch sebagai sarana dalam mempelajari pemrograman. Bimbingan ini menggunakan Scratch versi 1.4 . Menginstalasi Scratch Sejatinya kita perlu menuju ke https://scratch.mit.edu/ untuk menggunakan Scratch , akan tetapi jika koneksi internet tidak selalu tersedia maka kita bisa menggunakan a...