Skip to main content

Pengantar Scratch for Arduino (S4A) versi 1.6

Bagi yang sudah akrab dengan microcontroller Arduino, aplikasi yang satu ini patut anda coba. Scratch for Arduino atau S4A merupakan pengembangan dari aplikasi Scratch yang secara khusus digunakan untuk pembuatan sketch Arduino. Sketch adalah istilah untuk skrip program yang digunakan di Arduino. Untuk mengunduhnya, silahkan klik disini dan temukan S4A yang anda perlukan.

Layar Interface S4A

Layar aplikasi S4A tidak jauh berbeda dengan layar Scratch, hanya saja interface S4A menyediakan Sprite berupa board Arduino dan beberapa blok program yang diperlukan untuk menyusun skrip program atau sketch.

Cara Menginstalasi S4A

Saya asumsikan bahwa di komputer anda sudah terpasang aplikasi Arduino. Mula-mula, lakukan instalasi aplikasi S4A hingga selesai, caranya sama persis dengan menginstalasi aplikasi Scratch. Setelah selesai, sebaiknya S4A jangan dijalankan dulu.

Mengunggah S4A Firmware

Firmware diperlukan supaya aplikasi S4A dapat berkomunikasi dengan board Arduino anda. Hubungkan board Arduino dengan komputer. Jalankan aplikasi Arduino, setelah itu klik menu File dan pilih Open ...
Pilih file S4AFirmware16, lalu klik Open
Untuk mengupload firmware tersebut kedalam board Arduino, klik tombol Upload.
Setelah berhasil terunggah, tutup kembali aplikasi Arduino.

Menjalankan Aplikasi S4A

Jalankan aplikasi S4A seperti biasa. Mula-mula S4A akan mendeteksi keberadaan Board Arduino apakah sudah terpasang ke komputer.
Jika Board Arduino sudah terdeteksi, maka anda siap menyusun skrip program untuk Arduino anda.
Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Merekam Proyek Scratch dalam Bentuk Video

Sekarang ini versi terbaru dari Scratch Offline Editor adalah versi 2.0, seperti yang terlihat di  https://scratch.mit.edu/projects/editor/?tip_bar=home (untuk versi online). Adakah perbedaan yang signifikan versi terbaru ini dari versi 1.4 sebelumnya? Menurut saya, antara versi 2.0 dengan versi 1.4 tidak jauh bedanya kecuali untuk beberapa hal. Selain tata letak panelnya yang mengalami perubahan, juga versi yang baru ini telah memungkinkan kita untuk merekam proyek kita dalam bentuk video, yang fitur tersebut tidak ditemukan pada versi sebelumnya. Dengan fitur tersebut kita dapat melakukan perekaman proyek dalam bentuk video hingga lebih dari  60 detik, serta dapat melakukan penyetelan-penyetelan sesuai dengan kebutuhan seperti yang tercantum dalam dialog yang akan diperlihatkan sebelum proses perekaman dimulai. Nah, jika setelah yang diharapkan telah ditetapkan maka proses perekaman dapat dimulai dengan mengklik tombol Start . Begitu tombol ini diklik, akan a...

Petunjuk Singkat Menyunting Bahasa untuk Scratch 1.4

Ketika anda menginstalasi Scratch versi 1.4 kedalam komputer, dan kemudian menjalankannya maka inteface Scratch sudah berada dalam bahasa lokal (bahasa Indonesia). Scratch menyediakan fitur untuk menggunakan bahasa lokal sepanjang bahasa yang bersangkutan telah didukung didalam Scratch . Bersyukur bahwa tersedia Bahasa Indonesia didalam Scratch , sehingga akan lebih memudahkan kita dalam memakainya. Namun demikian tampaknya (mungkin) kita perlu memperbaiki beberapa hal dari terjemahan yang ada, dan jika memang itu diperlukan kita dapat menggunakan PO Editor untuk melakukannya. PO Editor merupakan aplikasi untuk menyunting file-file berekstensi .po . Nah, didalam instalasi Scratch file yang terkait dengan bahasa memiliki ekestensi .po . Dimana Letak File Terjemahan Bahasa? Jika Scrath telah terinstalasi didalam komputer, kita dapat memeriksa file-file terjemahan dari beberapa bahasa yang ada. Bukalah Window Explorer, dan silahkan menuju ke lokasi C:/Program Files/Scratch/Locale...

Panduan Pemula Instalasi Scratch versi Offline

Bagi sebagian orang mempelajari pemrograman masih dianggap sebagai suatu hal yang sulit bila dibandingkan dengan mempelajari aplikasi-aplikasi komputer lainnya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, sebab saat ini sudah banyak aplikasi untuk belajar pemrograman yang berbasis grafis dan sangat mudah untuk digunakan sebagai sarana belajar pemrograman.salah satu diantaranya Scratch , yang dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Scratch tidak menuntut kita untuk menguasai salah satu dari bahasa pemrograman yang telah ada, melainkan dengan Scratch kita dapat belajar bagaimana cara menyusun sebuah program komputer. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa kita menggunakan Scratch sebagai sarana dalam mempelajari pemrograman. Bimbingan ini menggunakan Scratch versi 1.4 . Menginstalasi Scratch Sejatinya kita perlu menuju ke https://scratch.mit.edu/ untuk menggunakan Scratch , akan tetapi jika koneksi internet tidak selalu tersedia maka kita bisa menggunakan a...