Scratch menyediakan blok program berkategori Sensor. Keberadaan sebuah sensor pada sebuah obyek akan menjadikan obyek tersebut memiliki kemampuan untuk mengenali perubahan kondisi, baik yang terjadi pada dirinya maupun yang terjadi di sekeliling obyek itu. Terdapat beberapa macam jenis sensor yang tersedia seperti sensor sentuh, sensor warna, sensor jarak, serta sensor pendeteksi tombol keyboard dan mouse.
Sebagai contoh, terdapat obyek alat musik bernama ukulele. Dikehendaki bahwa alat musik tersebut akan memainkan nada Csetiap kali pointer mouse menunjuk kepadanya. Kita harus dapat menyusun skrip pemrograman untuk keperluan tersebut.
Kita dapat menggunakan sensor sentuh sebagai syarat didalam sebuah statemen bersyarat.
Skrip program diatas menunjukkan bahwa ukulele tidak akan memainkan nada apapun selama pointer mouse tidak menyentuh kepadanya. Begitu pointer mouse digerakkan sehingga menyentuh ke obyek ukulele, maka nada C Mayor akan dimainkan hingga selesai.
Berdasarkan skrip program diatas kita dapat membuat variasi penggunaan sensor sentuh seperti ditunjukkan oleh gambar diatas. Setiap kali notasi tertentu ditunjuk dengan memakai pointer mouse, maka nada yang bersesuaian akan dimainkan. Silahkan unduh contoh tersebut disini.
Sensor Warna Jenis Pertama Sedangkan jenis sensor warna yang kedua untuk mendeteksi apakah warna yang dimiliki oleh sebuah obyek telah menyentuh warna yang dimiliki oleh obyek lainnya. Cara menentukan warna-warna yang harus dideteksi adalah klik kotak warna pertama, dan kemudian klik warna yang dikehendaki pada obyek pertama. Cara yang sama dapat dilakukan untuk menentukan warna pada obyek kedua.
Pada contoh diatas, sebuah obyek memiliki sensor jarak untuk mendeteksi jarak obyek tersebut terhadap obyek lain yang bernama "Rocks".
Ketika sensor tersebut bekerja, hasilnya akan terlihat seperti berikut ini. Pada panggung bagian bawah akan diperlihatkan kotak interaksi untuk menuliskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan.
Selamat mencoba!
Sensor Sensor
Sentuh Sensor sentuh memungkinkan sebuah obyek dapat mengenali kondisi apakah ia telah menyentuh/disentuh oleh 'sesuatu' ataukah belum. Sesuatu yang dimaksud disini adalah pinggir (panggung) dan pointer mouse.Sebagai contoh, terdapat obyek alat musik bernama ukulele. Dikehendaki bahwa alat musik tersebut akan memainkan nada Csetiap kali pointer mouse menunjuk kepadanya. Kita harus dapat menyusun skrip pemrograman untuk keperluan tersebut.
Kita dapat menggunakan sensor sentuh sebagai syarat didalam sebuah statemen bersyarat.
Skrip program diatas menunjukkan bahwa ukulele tidak akan memainkan nada apapun selama pointer mouse tidak menyentuh kepadanya. Begitu pointer mouse digerakkan sehingga menyentuh ke obyek ukulele, maka nada C Mayor akan dimainkan hingga selesai.
Berdasarkan skrip program diatas kita dapat membuat variasi penggunaan sensor sentuh seperti ditunjukkan oleh gambar diatas. Setiap kali notasi tertentu ditunjuk dengan memakai pointer mouse, maka nada yang bersesuaian akan dimainkan. Silahkan unduh contoh tersebut disini.
Sensor Warna
Terdapat dua macam sensor warna yang tersedia. Sensor warna yang pertama untuk mendeteksi apakah sebuah obyek telah menyentuh warna yang ditentukan ataukah belum. Cara menentukan warna yang harus dideteksi adalah dengan mengklik kotak warna yang tersedia, dan kemudian klik warna dari obyek lain atau apapun yang ada didalam Stage.Sensor Warna Jenis Pertama Sedangkan jenis sensor warna yang kedua untuk mendeteksi apakah warna yang dimiliki oleh sebuah obyek telah menyentuh warna yang dimiliki oleh obyek lainnya. Cara menentukan warna-warna yang harus dideteksi adalah klik kotak warna pertama, dan kemudian klik warna yang dikehendaki pada obyek pertama. Cara yang sama dapat dilakukan untuk menentukan warna pada obyek kedua.
Sensor Jarak
Sensor jarak digunakan oleh sebuah obyek untuk mendeteksi jarak obyek itu terhadap obyek lainnya. Yang patut dicatat disini mengenai jarak antara dua buah obyek adalah bahwa jarak tersebut diukur diantara titik-pusat keduanya.Pada contoh diatas, sebuah obyek memiliki sensor jarak untuk mendeteksi jarak obyek tersebut terhadap obyek lain yang bernama "Rocks".
Sensor Tombol Keyboard
Sebuah obyek juga dimungkinkan untuk mendeteksi apakah tombol tertentu pada keyboard sudah ditekan ataukan belum. Untuk keperluan ini sensor tombol keyboard dapat ditambahkan kedalam obyek tersebut.Sensor Tombol Mouse
Selain sensor untuk tombol keyboard, tersedia juga sensor tombol Mouse, dalam hal ini biasanya adalah tombol kiri Mouse. Dengan sensor tersebut sebuah obyek akan dapat mendeteksi apakah tombol-kiri Mouse sudah ditekan ataukan belum.Sensor Pertanyaan
Selain jenis-jenis sensor yang telah disebutkan diatas, terdapat juga sebuah jenis sensor yang berfungsi untuk mendetaksi apakah sebuah pertanyaan telah diajukan ataukah belum. Sensor ini mungkin bermanfaat ketika kita ingin menciptakan interaktivitas didalam proyek yang sedang kita kerjakan.Ketika sensor tersebut bekerja, hasilnya akan terlihat seperti berikut ini. Pada panggung bagian bawah akan diperlihatkan kotak interaksi untuk menuliskan jawaban atas pertanyaan yang diajukan.
Selamat mencoba!
Comments
Post a Comment